Pelatnas Kebumian (Tahap 1)

Halo!
Sekarang, gue akan berbagi pengalaman gue dalam mengikuti pelatihan nasional (pelatnas) kebumian dalam rangka seleksi untuk ajang internasional (International Earth Science Olympiad).

Setelah mengikuti OSN 2016 di Palembang, seluruh siswa yang berhasil mendapatkan medali akan mengikuti pelatnas. Total medalis OSN kebumian adalah 30 siswa (5 emas, 10 perak, dan 15 perunggu). Pada waktu itu, dari 30 siswa, ada satu siswa asal Pontianak (Kalbar) yang mengundurkan diri. Jadi, pelatnas 1 kali ini diikuti oleh 29 orang.

TOIKI 2017 - POLARIS

Pelatnas 1 kebumian diselenggarakan di D.I. Yogyakarta, tepatnya di University Hotel. Letak hotelnya sangat dekat dengan Bandara Adisucipto. Saya, bersama Surya dan Geoffrey, terbang dari Bandara Soeta dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (tenang, biaya tiketnya diganti oleh pemerintah kok). Kami beruntung karena satu pesawat dengan Warkop DKI Reborn. Mereka juga duduk di kelas ekonomi seperti kami. Saat sampai di Jogja, kami sempat berswafoto (selfie) dengan Bang Indro Warkop.

25-09-2016 - Bersama Bang Indro Warkop

Pelatnas 1 berlangsung pada tanggal 25 September – 24 Oktober 2016. Pelatnas kebumian satu lokasi dengan pelatnas fisika. Selama hampir sebulan itu kami belajar mengenai Ilmu Kebumian. Di minggu pertama, kami mendapatkan materi Geologi. Materi yang didalami adalah mineralogi/kristalografi, petrologi, dan geodinamika. Lalu pada hari Kamis (29/09), kami belajar di Laboratorium FT Geologi UGM. Di sana kami belajar menggambar struktur kristal dan deskripsi mineral dan batuan. Pada hari Sabtu (1/10), kami melakukan field trip menuju daerah Bayat dan Sungai Opak. Kami belajar banyak hal, mulai dari deskripsi batuan dan proses terbentuknya daerah tersebut.

29-09-2016 - Fakultas Teknik UGM

1-10-2016 - Bayat, Yogyakarta

Minggu, 2 Oktober 2016. Ya, hari itu bertepatan dengan hari ulang tahun gue. Minggu pagi, gue beserta beberapa teman dari kebumian dan fisika pergi ke gereja. Lalu setelah dari gereja, gue beserta dengan beberapa teman jalan-jalan sebentar di sebuah mall (lupa namanya). Setelah hari sudah sore, kami pulang menuju hotel. Malam harinya, semua teman-teman pelatnas memberikan sebuah kejutan (walau sebenarnya sudah ditebak dan gue berusaha menghindar). Gue diceburin di kolam ikan. Okelah, setidaknya belajar malamnya sedikit terpotong karena habis sibuk urus surprise. Sejujurnya gue kurang suka dengan kejutan sih karena malas bersih-bersihnya. Namun, yang ingin gue tekankan di sini adalah kebersamaannya. Baru kenal beberapa hari saja sudah cukup dekat. Jadi, kalian jangan sepenuhnya membayangkan pelatnas sebagai ajang kompetisi. Di sini kalian bisa belajar banyak hal karena bisa mengenal berbagai macam sifat, budaya, dan kebiasaan teman-teman dari berbagai macam daerah di Indonesia.

2-10-2016 - Ulang Tahun

Minggu berikutnya kami mendapatkan materi meteorologi. Kami lebih banyak belajar di kelas. Materinya juga sedikit random. Sabtu, 15 Oktober 2016, kami berkunjung ke Candi Ratu Boko. Eits, bukan hanya berkunjung yah, kami melakukan praktek meteorologi di sana. Kami belajar cara menggunakan dan mengoperasikan salah satu alat meteorologi, yaitu AWS (Automatic Weather System). AWS yang kami gunakan adalah jenis portable. Alat tersebut bisa mengukur temperatur, tekanan, arah angin, kecepatan angin, kelembapan, dan curah hujan. Setelah praktek, kami sempatkan diri untuk berkeliling candi.

15-10-2016 - Candi Ratu Boko

Minggu berikutnya kami mempelajari astronomi. Kami belajar materi astronomi dasar, astronomi bola, dan mekanika benda langit. Kami juga belajar menggunakan  sekaligus bongkar-pasang teleskop. Teleskop ini juga kami gunakan untuk mengamati Matahari (jangan lupa memasang filternya yah). Beberapa bintik Matahari (sunspot) berhasil kami amati.

Pada hari Minggu, 16 Oktober 2016, kami jalan-jalan (kali ini benar-benar refreshing) di Pantai Wediombo. Sungguh menyenangkan bisa menikmati waktu santai di pantai yang bisa dibilang cukup sepi (tidak seramai pantai-pantai lainnya). Dari siang hingga menjelang malam kami habiskan di pantai itu. Beberapa dari kami ada yang ikut snorkeling, katanya sih tidak terlalu bagus dan banyak bulu babinya. Untungnya gue tidak ikut dan lebih memilih bersantai ria di atas pohon. Enaknya di atas pohon sendirian ya karena gue bisa santai tanpa ada yang mengganggu. Malam harinya, kami dilantik sebagai anggota TOIKI (Tim Olimpiade Ilmu Kebumian Indonesia) 2017 yang menamakan diri sebagai POLARIS. Jujur gue lupa singkatan asli dari POLARIS, tetapi anggap saja itu singkatan dari "PrOfesionaL eARth scientISt".

16-10-2016 - Pantai Wediomb

16-10-2016 - Pantai Wediombo

Hari-hari terakhir pelatnas kami belajar tentang oseanografi. Materi-materi yang diajarkan bisa dibilang masih dasar, misalnya arus laut, pasang-surut, dan gelombang. Di kelas oseanografi ini kami seratus persen belajar di kelas (cukup membosankan).

Oya, gue ada sedikit cerita selingan. Pada waktu pelatnas 1, kami juga mengikuti berbagai macam sesi psikologi. Bisa dibilang sangat membosankan, tapi setidaknya kami ada waktu untuk santai dan lebih mengenali diri sendiri. Sebenarnya gue tidak ada masalah dengan sesi ini, tetapi yang membuat gue sedikit kesal adalah karena ada psikotest di malam hari. Bayangkan saja jam 9 malam ikut psikotest, hasilnya pasti tidak maksimal. Apalagi orang seperti gue yang tidurnya sekitar jam 8 atau 9 malam. Iya, gue selalu tidur sekitar jam segitu. Hehehehh.

Hari penghabisan, tes komprehensif diadakan pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016. Soal-soalnya cukup susah (jauh lebih susah dari materi yang diberikan). Bahkan, gue tidak bisa sama sekali di bidang astronomi. Meskipun begitu, gue tetap menyerahkan semua hasilnya ke tangan Tuhan.

Beberapa bulan kemudian (seingat gue Januari), gue mendapatkan sebuah surat. Puji Tuhan, gue lolos ke pelatnas tahap 2.