Traveling Diary-ku selama di Islandia

Hallo semuanya!

Islandia, negara impianku sejak aku masih TK yang pada akhirnya bisa terwujud 20 tahun kemudian. Sebuah perjuangan untuk mewujudkan mimpiku yang satu ini dan banyak melewati ups and downs. Puji Tuhan aku diberi kesempatan untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa dan mendapatkan 2 beasiswa sekaligus dari ERASMUS+ dan Friedrich-Ebert-Stiftung. Buat yang penasaran bagaimana aku bisa mendapatkan 2 beasiswa ini, kalian bisa membacanya di tulisanku beberapa bulan lalu: Kuliah di Islandia pakai 2 Beasiswa?. Di tulisanku kali ini, aku akan menceritakan pengalamanku selama di Islandia. Bisa dibilang ini adalah traveling diary yang aku susun selama di Islandia.

Agustus 2023

Rabu, 09.08.2023 – Iceland, here I come!

Setelah sempat berlibur selama 4 hari di South Tirol, Italia, aku diantar oleh orang tuanya sahabatku menuju bandara München. Aku terbang menggunakan maskapai Eurowings dan pesawatku terbang pk. 18:30 ECT menuju Düsseldorf. Di sana aku transit selama sekitar 1,5 jam. Akhirnya aku sampai di bandara Keflavík, Islandia, jam 11 malam waktu setempat. Puji Tuhan semuanya lancar dan cuaca bagus. Sama sekali tidak ada pengecekan dokumen saat aku mendarat di Islandia. Dari bandara aku pergi menggunakan bus menuju tempat penginapan sementara di KEX Hostel, Reykjavík. Sekamar ber-6 sama orang random, tapi untungnya tiap tempat tidur ada kordennya. Option penginapan paling murah sih emang wkwkk.

09.08.2023 - Keflavík Airport, Iceland

Kamis, 10.08.2023 – South Coast

Pagi harinya aku jalan-jalan sebentar di pusat kota Reykjavík. Gereja Hallgrimskirkja keren juga kalo diliat seacara langsung. Gerejanya mirip Asgard di film Thor, megah banget arsitektur luarnya. Lalu aku ke kampus untuk proses matrikulasi, tapi pihak kampus bilang aku belum bisa matrikulasi karena Kennitala (semacam KTPnya Islandia gitu deh) punyaku belum diterbitkan oleh pihak imigrasi. Jujur agak was-was sih karena seminggu sebelumnya kantor imigrasi Islandia mengirimiku email yang menyatakan bahwa dokumenku belum lengkap karena asuransiku sedikit bermasalah.

10.08.2023 - Hallgrimskirkja Church, Reykjavík. Gerejanya mirip Asgard di film Thor.

10.08.2023 - University of Iceland, Reykjavík. Tempat aku exchange semester selama 5 bulan ke depan :)

Setelah mengurus administrasi kampus yang ga beres, akhirnya aku traveling bersama teman-teman pertukaran pelajar yang lainnya. Kami ber-4 menyewa 1 mobil. Mereka berasal dari Jerman, Selandia Baru, dan Denmark. Tujuan kami adalah menuju South Coast.

10.08.2023 - Seljalandsfoss Waterfall. Air terjunnya menarik banget, kita bisa jalan lewat belakang aliran air terjunnya.

10.08.2023 - Gljúfrabúi Waterfall. Lokasinya cuman 5 menit dari Seljalandsfoss Waterfall.

10.08.2023 - Rutshellir Caves. Bekas rumah bangsa Viking zaman dulu. Kayaknya adem kalo tinggal di sana wkwkk.

10.08.2023 - Skógafoss Waterfall. Tempat lokasi shooting film Game of Thrones. Cantik banget, ada pelanginya juga!

10.08.2023 - Hestavaðsfoss Waterfall. Hiking sekitar 30 menit dari Skógafoss Waterfall. Suara airnya menggelegar sepanjang perjalanan hiking.

10.08.2023 - Dyrhólaey Sea Arch. Anginnya kencang banget di atas sini. Aku bahkan bisa berdiri miring 45° tanpa jatuh. Di atas juga banyak burung puffin. Sayangnya ga berhasil aku foto karena mereka geraknya cepat dan suka ngumpet wkwkk.

10.08.2023 - Black Sand Beach. Suasananya dark banget, suka sama kontras warnanya. Ini salah satu pantai paling mematikan di dunia. Terkenal dengan sneaker wavesnya yang datang tiba-tiba dan bisa narik kita ke laut dalam hitungan detik. Banyak turis mati di sini. Mirip legenda Nyi Roro Kidul di pantai selatan Jawa deh.

10.08.2023 - Hjörleifshöfði Cave. Mirip Yoda yang ada di film Star Wars ga sih?

Jumat, 11.08.2023 – Immigration Office

Hari ini aku pergi ke kantor imigrasi untuk menyelesaikan masalah birokrasiku. Mereka mengambil foto dan data biometrisku. Aku juga bilang tentang masalah asuransiku, tapi mereka bilang asuransi Jermanku tidak berlaku di Islandia, padahal aku sudah baca dan itu berlaku woi. Akhirnya aku tetap ngeyel ke petugasnya dan aku tetap digantungin. Untuk menghemat biaya tiket bus, aku jalan kaki ke rumah selama sekitar 1 jam. Tiket bus mahal banget, sekitar 4 Euro sekali jalan. Siangnya aku makan Pylsur, hotdog khas Islandia yang terbuat dari campuran domba, babi, dan sapi. Terkenal gara-gara Bill Clinton makan ini pas kunjungannya ke Islandia.

Sabtu, 12.08.2023 – Snæfellsnes Peninsula

Akhirnya aku bisa jalan-jalan lagi. Kali ini aku bersama teman-temanku traveling menuju Snæfellsnes Peninsula menggunakan mobil sewaan. Cuacanya bagus banget hari ini.

12.08.2023 - Gerðuberg Cliffs. Tebingnya terbuat dari columnar joint batu dolerite. Batuannya kayak kumpulan pensil gitu kalau dilihat dari jauh.

12.08.2023 - Ytri Tunga. Pantainya banyak anjing laut liar, coba cari deh di foto wkwkk. Di background bisa kelihatan gunung api gletser Snæfellsjökull.

12.08.2023 - Búðir Black Church. Gerejanya gaya minimalis. Gereja legend di Islandia nih. Didirikan tahun 1703 dan berdiri jauh dari peradaban manusia.

12.08.2023 - Kirkjufellsfoss. Merupakan spot yang paling banyak difoto di Islandia. Kurva gunungnya mulus banget mirip kurva eksponensial.

Minggu, 13.08.2023 – The Golden Circle

Tujuan kali ini adalah the Golden Circle. Rute ini paling banyak dilalui oleh para turis, jadinya rame banget deh.

13.08.2023 - Thingvellir National Park. Zona tempat berpisahnya lempeng Eurasia dan lempeng Amerika Utara. Selain itu lokasi ini adalah tempat dibentuknya parlemen kenegaraan tertua di dunia, yaitu pada tahun 930 M. Lalu Kekristenan juga diadopsi sebagai agama nasional Islandia di tempat ini pada tahun 1000 M.

13.08.2023 - Brúarfoss Waterfall. Ini air terjun favoritku di Islandia! Warna airnya biru banget dengan basis batuan basalt hitam.

13.08.2023 - The Great Geysir. Selama beberapa tahun udah ga pernah erupsi lagi dia.

13.08.2023 - Strokkur Geyser. Dia erupsi setiap 10 menit sekali. Worth it banget buat dikunjungin walau banyak turis.

13.08.2023 - Gulfoss Waterfall. Air terjunnya besar banget. Ada pelangi juga selama aku di sana. Dilihat dari atas lebih keren sih, banyak turis soalnya kalau lihat dari dekat. Gemuruh air terjunnya menggelegar banget.

Setelah dari Gulfoss Waterfall kami pergi menuju Kerið Crater. Ada sedikit drama sih waktu mau ke sini. Masuknya kan bayar, nah tapi kami semua mahasiswa pelit dan berusaha muter cari jalan masuk lain. Setelah muter-muter akhirnya ga ketemu dan balik lagi. Akhirnya kami semua rela bayar tiket masuk. Jujur overpriced banget sih. Ga bagus-bagus amat jujur aja wkwkk.

Setelah kami semua puas traveling selama beberapa hari terakhir, akhirnya kami tutup dengan makan malam bersama di Student Cellar kampus. Selama 4 hari kemarin aku cuman makan roti, wortel mentah, dan ikan kalengan wkwkk. Pas makan di Student Cellar aku shock lihat harganya. Aku pesan makanan paling murah, yaitu burger. Harganya sekitar 17 Euro, alias Rp280k woi, ingin ku menangis :”) Padahal kantin mahasiswa loh wkwkk.

Senin, 14.08.2023 – Day 1 Field Trip: Reykjavík Area

Selama 5 hari ke depan aku mengikuti field trip mata kuliah Introduction to the Geology of Iceland (10 ECTS). Semuanya GRATIS! Aku dari dulu selalu menerapkan prinsip "Sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati". Daripada bayar mahal untuk liburan ke Islandia, kenapa ga sekalian kuliah, dapat ECTS, dapat beasiswa, bisa puas, langsung kenal dengan orang asli Islandia, dapat tour guide, dan yang penting gratis wkwkk.

Oke, hari pertama field trip berlangsung di daerah pinggir kota Reykjavík. Lokasi-lokasi yang dikunjungi adalah Lembah Elliðaárdalur, Rauðhólar Rootles Cone, Búrfellsgjá Lava Channel, dan Búrfell Cone. Semua situs yang dikunjungi terbentuk selama Late Quaternary (< 10.000 tahun). Tujuan field trip hari ini adalah untuk memahami hubungan antara vulkanisme dan bencana alam di Islandia.

14.08.2023 - Elliðaárdalur Valley. Tugas kami di sini untuk menganalisis tephra layer dan organic rich soil layer yang tertimbun oleh lava hasil erupsi gunung api ribuan tahun yang lalu.

13.08.2023 - Rauðhólar Rootless Cone. Secara geologi ini merupakan fenomena vulkanis unik banget karena gunungnya tidak memiliki dapur magma.

14.08.2023 - Búrfellsgjá Lava Channel. Jadi lembah ini adalah bekas saluran tempat mengalirnya lava.

Selasa, 15.08.2023 – Day 2 Field Trip: Vestmannaeyjar Islands

Tujuan utama hari ini adalah untuk memahami letusan gunung api Heimaey pada tahun 1973. Kami naik kapal fery sekitar 30 menit untuk mencapai pulau legendaris ini. Setelah pengarahan singkat di Pelabuhan Vestmannaeyjar, kami mengunjungi sebuah rumah di Blátindur yang terkena dampak letusan. Kemudian, kami hiking di Gunung Berapi Eldfell. Pemandangannya indah banget! Di penghujung hari, kami berkunjung ke Museum Eldheimar untuk belajar tentang bencana alam di Kepulauan Vestmannaeyjar. Uniknya tidak ada korban jiwa selama letusan Heimaey 1973, padahal seluruh pulau hancur dan terkubur abu gunung api. Inilah kenapa pelajaran tanggap darurat bencana alam sangat penting untuk lokasi rawan bencana alam. Indonesia perlu banget nih belajar dari Islandia!

15.08.2023 - Heimaey Island. Pulau Heimaey dilihat dari atas kapal fery.

15.08.2023 - Blátindur House. Rumah yang terkena dampak erupsi Heimaey 1973.

15.08.2023 - Helgafell Volcano.

15.08.2023 - Eldfell Volcano. Pemandangan Pulau Heimaey dari atas Gunung Api Eldfell. Cakep banget!

15.08.2023 - Eldheimar Museum. Sisa rumah yang rusak akibat erupsi Heimaey 1973.

Rabu, 16.08.2023 – Day 3 Field Trip: Sólheimajökull Glacier and Lava Center Hvolsvöllur

Hari ini kami belajar hubungan antara vulkanisme subglasial dan jökulhlaup. Jökulhlaup adalah banjir glasial yang disebabkan oleh mencarinya gletser akibat aktivitas panas bumi atau vulkanisme di bawah gletser. Ini gletser pertama yang aku kunjungin dan lihat secara langsung dari jarak dekat seumur hidupku (selain gletser di Pegunungan Alpen tentunya). Uniknya gletsernya ada yang warnanya biru cerah dan hitam karena tercampur tephra hasil letusan gunung api. Sayangnya gletser Sólheimajökull menyusut sekitar 40 m per tahun karena pemanasan global.

16.08.2023 - Sólheimajökull Gletser.

Kamis, 17.08.2023 – Day 4 Field Trip: Reykjanes Peninsula

Goal dari field trip hari ini adalah belajar tentang hubungan antara vulkanisme dan tektonik di Islandia. Kami pergi ke semenanjung Reykjanes, lokasi di mana zona perbatasan antara lempeng Eurasia dan lempeng Amerika Utara berada. Totalnya ada 6 lokasi yang kami kunjungi, termasuk ladang Lava Fagradalshraun dari letusan gunung api Geldingadalir tahun 2021. Pas di sana kami kena marah oleh profesor karena menaiki lava yang sebenarnya belum stabil dan bisa amblas. Untuk pertama kalinya aku bisa melihat Pahoehoe dan A‘a Lava secara langsung.

17.08.2023 - Krýsuvík-Seltún Geothermal Area. Area panas bumi yang memiliki karakter zona temperatur tinggi, fumarol, dan alterasi batuan.

17.08.2023 - Grænavatn Lake. Kalau diterjemahkan artinya "Danau Hijau". Danaunya terbentuk akibat letusan gunung api tipe maar. Ditemukan banyak batuan gabbro dan mineral olivine hijau di lokasi ini.

17.08.2023 - Fagradalshraun Lava. Tipikal lava tipe ropy pahoehoe. Mirip kepang rambut atau kepang tali tambang. Lavanya bersifat basaltis dengan viskositas rendah.

17.08.2023 - Fagradalshraun Lava. Berdiri di atas lava yang sudah membeku. Habis itu dimarahin profesor karena katanya belum membeku sepenuhnya dan bisa amblas sewaktu-waktu wkwkk.

17.08.2023 - Bridge between Continents. Rift-graben hasil ekstensi lempeng Eurasia dan lempeng Amerika Utara.

Jumat, 18.08.2023 – Day 5 Field Trip: Nesjavellir and Þingvellir

Hari ini bisa dibilang cukup santai field tripnya. Setelah mengunjungi zona tektonik rifting di daerah Thingvellir, kami mengunjungi pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Hellisheiði.

18.08.2023 - Dyrafjöll Ridges. Bukit-bukitnya terbentuk dari hyaloclastite dan palagonite yang terbentuk secara subglasial.

18.08.2023 - Nesjavellir Viewing Point. Sebuah PLTP dengan background Þingvallavatn Lake.

18.08.2023 - Thingvellir National Park.

September 2023

Selasa, 12.09.2023 – My first Aurora!

Malam ini sebenarnya aku sedang mengerjakan tugas kuliah. Tiba-tiba saat aku lihat jendela ada warna hijau terang gitu di langit. Karena excited aku langsung keluar dan jalan menuju pantai di dekat dormitory-ku. Wow, cakep banget! Auroranya nari-nari dan ngalir kayak sungai di angkasa. Selama ini aku kira video aurora itu speednya dipercepat, tapi ternyata emang mereka geraknya cepat, bahkan lebih cepat dari awan. Aku tiduran di pantai sampai jam 2 subuh walau dingin.

12.09.2023 - My first aurora!

Kamis, 14.09.2023 – Icelandic Fish Soup

Supnya enak banget. Dagingnya lembut dan kuahnya creamy. Isinya ada ikan cod, ikan tuna, kerang, dan udang. Walau aku alergi udang, tapi tetap kumakan dan enjoy wkwkk.

14.09.2023 - Icelandic Fish Soup.

Senin, 18.09.2023 – Interview Internship

Jadi aku iseng daftar internship di salah satu start-up perusahaan shallow geothermal energy di Jerman untuk mengisi waktu luangku selama bulan Januari-Maret 2024. Awalnya aku diterima di 2 lokasi, yang pertama tentang shallow geothermal energy, sesuai minatku, lalu yang kedua di dinas geologi Bavaria. Gajinya jauh lebih besar di dinas geologi Bavaria sih, cuman kerjaannya monoton di lab. Akhirnya aku putuskan untuk internship di perusahaan geothermal walau gajinya jauh lebih kecil. Wawancaranya lancar sih, aku langsung diterima kerja di perusahaan tersebut. Update terbaru (23.03.2024): Aku enjoy banget dengan internshipnya dan bosku menawarkanku untuk lanjut kontrak sampai bulan September 2024!

Kamis, 21.09.2023 – Hellisheiði Geothermal Power Plant

Ini adalah pembangkit energi terbesar di Islandia dan terbesar ke-8 di dunia. Pembangkit ini bisa memproduksi energi listrik sebesar 303 MWe dan air panas sebesar 200 MWth. Menarik banget sih bisa lihat PLTP secara langsung dari dekat.

21.09.2023 - Hellisheiði Geothermal Power Plant.

Sabtu, 23.09.2023 – Volcanology Field Trip

Jujur ini salah satu field trip paling membosankan yang aku pernah ikuti selama kuliah geologi. Pertama karena cuacanya jelek banget, hujan deras, dan angin kencang. Kemudian busnya terlambat 30 menit. Lalu saat di lokasi profesorku terlambat 30 menit dan kami harus menunggu dia di tengah hujan. Lalu kami hanya penelitian di 1 lokasi dan deskripsi tephra. Mana jenis batuannya sama semua pula: Basaltic Tephra. Batuannya cuman beda porositas dan warna saja wkwkk. Lalu saat selesai bus penjemputnya terlambat lagi 30 menit. Nunggu sambil hujan-hujanan deh.

Oktober 2023

Minggu, 01.10.2023 – Night in Reykjavík

Malam ini aku jalan-jalan di Kota Reykjavík. Banyak hiasan lampu-lampu gitu.

01.10.2023 - Hallgrimskirkja.

01.10.2023 - Sun Voyager Reykjavík. Skulptur kapal khas bangsa Viking karya Jón Gunnar Árnason.

01.10.2023 - Harpa. Gedung konser dan konferensi terbesar di Islandia.

Senin, 02.10.2023 – My 25th birthday!

Doi jadi orang pertama yang mengucapkan selamat ulang tahun hehee. Siangnya aku hiking sendirian di Kermóafoss Waterfall. Cuacanya bagus banget dan aku bisa duduk-duduk di pinggir air terjun. Enjoy juga karena sepi banget, bisa nikmatin suasananya sendiri. Setelah itu aku makan sup domba di restoran Icelandic Street Food Reykjavík, uniknya mangkoknya pakai roti dan bisa dimakan. Bisa tambah sepuasnya dan dapat gratis waffle. Aku nambah sampe 4x sampe perutku mau meledak wkwkk. Habis itu aku jalan-jalan di kota dan beli Cinnamon Rolls khas Islandia.

02.10.2023 - Kermóafoss Waterfall. Seru juga hiking sendiri. Di air terjunnya juga ga ada orang sama sekali. Tidur-tiduran sambil makan snack selama beberapa jam.

02.10.2023 - Icelandic Lamb Soup. Enak banget woi! Aku sampe tambah 4x.

02.10.2023 - Icelandic Cinnamon Rolls. I liked it!

Selasa, 17.10.2023 – Meeting with Indonesian Ambassador for Norway and Iceland

Sebenarnya agak males sih kumpul sama banyak orang plus cuacanya lagi jelek, tapi yang penting dapat makan gratis deh :D Jumlah mahasiswa Indonesia di Islandia kurang dari 10 orang ternyata, sisanya antara cuman ikut kursus singkat (mirip summer course gitu deh) atau sudah bekerja/menikah dengan orang Islandia dan sudah menjadi warga negara Islandia.

17.10.2023 - PPI Islandia bersama Pak Teuku Faizasyah, Duta Besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia.

Kamis-Sabtu, 19.-21.10.2023 – The Arctic Circle

Jujur ini pengalaman yang tak terlupakan. Konferensinya berlangsung di gedung Harpa. Topiknya tentang negara-negara Arktik dan membahas mengenai kondisi iklim, penelitian, politik, perdagangan, ekonomi dan militer. Banyak dapat insight baru selama konferensi. Pembicaranya juga keren-keren, ada banyak mentri dan presiden yang menghadiri konferensinya. Mantan presiden Islandia jadi MCnya, sering ngelawak dia wkwkk. Ada pengalaman menarik pas di hari kedua. Jadi waktu istirahat makan siang, aku lihat ada banyak makanan gitu, trus aku masuk deh makan. Ternyata itu lagi ada acara pertemuan para mentri dan duta besar, beberapa diusir dan aku dengan santainya lanjut makan :D Makan malamnya jujur enak banget! Gratis wine dan bir juga sepuasnya.

19.10.2023 - Pemandangan laut dilihat dari Harpa Concert Hall and Conference Centre.

19.10.2023 - Suasana pembukaan The Arctic Circle.

20.10.2023 - Makan malam gratis. Nyam!

Sabtu, 28.10.2023 – Snæfellsnes Peninsula

Sebenarnya aku pernah ke Snæfellsnes Peninsula sih, cuman karena emang bagus banget jadinya aku memutuskan untuk hiking di sana lagi. Fokusnya pergi ke spot-spot yang belum pernah kukunjungi.

28.10.2023 - Búða Beach. Warna pasirnya creme bersih dan banyak batu tephra hitam. Kontras warnanya aku suka deh.

28.10.2023 - Búða Beach. Duduk di atas batu basalt di tepi pantai.

28.10.2023 - Rauðfeldsgjá Gorge. Mirip patung Moai yang sering dipake di emoji🗿. Legendanya sih katanya ini 2 troll yang membatu. Kita bisa masuk ke celah-celah lembahnya dan di dalemnya ada air terjun kecil.

28.10.2023 - Rauðfeldsgjá Gorge. Selama hiking inget Mazmur 23 "Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Tuhan besertaku!".

28.10.2023 - Arnarstapi. Skulptur troll terkenal di Islandia.

28.10.2023 - Arnarstapi. Tebing pantai dengan basaltic columnar joint.

28.10.2023 - Arnarstapi. Sea arch terkenal yang sering dijadiin wallpaper Windows.

28.10.2023 - Lóndrangar View Point. Pemandangan Samudra Atlantik-nya bagus banget.

28.10.2023 - Saxhóll Crater. Suasananya merah banget, mirip kayak lagi di Mars ga sih?

28.10.2023 - Saxhóll Crater.

28.10.2023 - Grundarfoss Waterfall. Spontan ke sini, ternyata bagus juga.

November 2023

Sabtu, 04.11.2023 – Njáls Saga Field Trip

Kayaknya ini field trip paling random yang aku ikutin deh, tapi seru juga sih. Penyelenggaranya dari Fakultas Budaya University of Iceland. Jadi kami berkeliling mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah yang ada dalam kisah Njáls Saga. Bisa dibilang saga Islandia itu campuran antara sejarah asli dan fiksi. Kisahnya agak epik sih, khas bangsa Viking di zaman itu. Tokoh utamanya adalah Gunnar, salah satu pahlawan terkenal Islandia. Waktu itu Islandia sedang dilanda kelaparan, lalu Gunnar meminta makanan ke tetangganya, tetapi tetangganya pelit dan tidak mau memberi Gunnar makanan. Karena Gunnar baik hati, dia tidak dendam kepada tetangganya. Namun, istrinya licik dan mengirim salah satu budaknya untuk mencuri makanan tetangganya dan membakar ladang miliknya. Setelah Gunnar tahu hal tersebut, dia marah dan memukul istrinya. Kemudian semuanya terbongkar dan Gunnar diasingkan dan diusir keluar dari Islandia karena telah melakukan tindak kejahatan. Saat perjalanan menuju pelabuhan untuk menuju tempat pengasingan, Gunnar terjatuh dari kudanya. Saat bangkit berdiri, ia melihat pemandangan dan berpikir „Negeri ini sangat indah, aku tidak akan meninggalkannya“. Hukum Islandia di zaman itu adalah, jika ada orang yang sedang dalam pengasingan tidak meninggalkan Islandia atau pulang ke Islandia sebelum waktu pengasingannya berakhir, maka dia akan dihukum mati. Gunnar tau tentang hukum ini dan nekat pulang ke rumah. Oleh karena melanggar hukum, rumahnya diserang oleh aparat. Gunnar sebenarnya bisa bertahan dari serangan aparat, hingga akhirnya busur panahnya putus. Gunnar punya ide dan meminta rambut isterinya untuk dijadikan busur panah. Namun, istrinya teringat kejadian beberapa hari lalu ketika Gunnar memukul pipinya. Karena masih marah dan dendam, istrinya menolak untuk membantu Gunnar. Pada akhirnya Gunnar terbunuh dan mati. Cerita terus berlanjut dan semakin kompleks. Dendam semakin meluas dan tokoh-tokoh dalam saga-nya saling bunuh-membunuh. Bisa dibilang semuanya berakar dari istri Gunnar sih wkwkk. Singkat cerita, setelah para keturunan dan sahabat tokoh utama saling bunuh-membunuh, kekristenan semakin menyebar di Islandia dan tokoh-tokohnya banyak yang menjadi Kristen. Di akhir cerita, mereka semua berdamai dan tidak ada pertumpahan darah lagi.

04.11.2023 - Þorláksbúð Icelandic Turf House. Kapel St. Thórlak, Santo pelindung Islandia.

04.11.2023 - Selfoss. Langitnya cantik banget saat perjalanan pulang.

Jumat, 17.11.2023 – Makan Hákarl (Hiu Greenland yang difermentasi)

Karena penasaran, aku coba beli daging ikan hiu fermentasi di supermarket. Jujur ini makanan paling menjijikkan yang pernah aku makan. Teksturnya mirip daging ayam yang masih mentah. Gigitan pertama ada aroma alkohol yang menyengat sampai ke hidung. Lalu gigitan berikutnya hambar dan gaada rasa sama sekali. Lalu setelah gigitan terakhir ada after taste pahit dan asin. Baunya juga pesing banget karena ada amoniaknya. Sisanya aku buang saking ga tahan wkwkk.

Desember 2023

Jumat, 01.12.2023 – Whale Steak and most astonishing Aurora

Karena penasaran, aku akhirnya coba daging ikan paus di salah satu restoran yang bernama Íslenski Barinn. Dagingnya mentah dan rasanya mirip daging sapi, tapi ada aroma lautnya dikit gitu deh. Hidangannya juga ada salat dan cumi goreng tepung calamari. Worth it sih, cuman ya emang agak mahal. Buat memenuhi rasa penasaran aja sebenernya.

01.12.2023 - Rainbow Street, Reykjavík.

01.12.2023 - Fin Whale Steak with Calamari.

Malam harinya banyak sekali aurora. Bahkan ada yang warnanya ungu, merah, dan oranye. Aurora paling keren yang aku lihat selama di Islandia. Aku agak kesal karena kamera HP-ku jelek banget gabisa rekam video aurora. Tapi mungkin ada sisi positifnya sih, aku jadi ga sibuk merekam dan bisa menikmatinya langsung.

01.12.2023 - Auroranya cantik banget woi! Malam ini banyak banget auroranya, mulai dari warna hijau, ungu, merah, dan oranye.

Jumat, 08.12.2023 – Christmas Market Hafnafjörður

Sore ini aku mengunjungi Christmas market di kota Hafnafjörður. Kalau dibandingkan dengan Jerman, pasar Natalnya bisa dibilang jauh lebih kecil. Aku coba minuman khas Natal di Islandia: Icelandic Hot Chocolate. Bisa dibilang ini hot chocolate terenak yang pernah aku minum!

08.12.2023 - Viking Village, Hafnafjörður. Suasananya mystic banget ya.

08.12.2023 - Hellisgerði Park, Hafnafjörður. Suasananya romantis, sayangnya gaada doi wkwkk.

08.12.2023 - Icelandic Hot Chocolate. Enak banget woi!

Senin, 11.12.2023 – Hiking in Mount Esja

Aku pergi hiking bersama temanku ke salah satu gunung di dekat Reykjavík. Pemandangannya bagus banget, gunungnya putih keemasan gitu karena kena cahaya matahari. Kami hiking sampai ke puncaknya. Jujur sebenarnya dilarang mendaki sampai atas jika tidak menggunakan sepatu khusus es yang ada pakunya, tapi aku nekat hehee. Agak serem sih, tracknya terjal banget dan licin. Saljunya sampai setinggi lutut. Ada alat bantu rantai dan tali gitu di sepanjang tracknya. Karna saking tinggi saljunya, kami sempat keluar dari track dan jujur deg-degan banget rasanya karena kalau jatuh langsung ke jurang. Adrenalinnya terpacu banget dan puji Tuhan selamat wkwkk.

11.12.2023 - Mount Esja. Gunungnya warnanya emas, lucu ya.

11.12.2023 - Mount Esja. Hampir sampai di puncak.

11.12.2023 - Mount Esja. Pas hampir sampai puncak tiba-tiba badai salju.

11.12.2023 - Mount Esja. Pemandangan dari atas gunung menghadap ke Kota Reykjavík.

Kamis, 14.12.2023 – Búrfellsgjá Lava Channel and Leiðarendi Lava Cave

Lava channelnya sama persis yang pernah aku kunjungin saat field trip awal semester. Lalu setelah itu aku dan teman-temanku pergi ke Leiðarendi Lava Cave. Ini juga agak nekat karena ada plang "Dilarang masuk jika tanpa tour guide". Anggaplah aku tour guidenya, kan aku geologist :D Kami pun tetap masuk dan pakai helm sepeda. Guanya lumayan Panjang dan kami semua tracking di gua sampai ujung. Lalu kami coba mematikan semua lampu dan hening. Itu kondisi paling gelap yang pernah aku alamin. Lalu saking sepinya kami sampai bisa mendengar nafas kami sendiri. Buat yang fobia tempat sempit dan gelap pasti langsung panik wkwkk.

14.12.2023 - Búrfellsgjá Lava Channel. Aku hiking bersama 3 temanku dan selama hiking ga ketemu orang lain saking sepinya.

14.12.2023 - Búrfellsgjá Lava Channel. Ini jam 12 siang loh, tapi suasananya kayak sore menjelang matahari terbenam.

14.12.2023 - Leiðarendi Lava Cave. Ini es di dalam gua mirip troll kan yaa?

14.12.2023 - Leiðarendi Lava Cave. Where light and darkness meet!

14.12.2023 - Leiðarendi Lava Cave. Mirip logonya Batmann ga sih?

14.12.2023 - Leiðarendi.

14.12.2023 - Leiðarendi. Legendanya batu-batu tegak itu adalah para troll yang membatu.

Jumat, 15.12.2023 – Makan Plokkfiskur (Fish Stew)

Ini makanan khas Islandia. Simpelnya sih mashed potato yang dicampur pake ikan cod. Rasanya unik dan creamy gitu.

15.12.2023 - Plokkfiskur (Icelandic Fish Stew). Nyam!

Minggu, 17.12.2023 – Sky Lagoon

Untuk mengisi hari terakhir di Islandia, aku spontan booking permandian air panas di Sky Lagoon. Harganya sekitar 100€, agak mahal tapi worth it banget deh! Pagi-pagi pas aku berangkat sedang turun salju. Jadinya mandi air panas outdoor saat lagi turun salju gitu deh. Suasananya "einzigartig" banget, alias gabisa didapatkan di manapun kecuali di Islandia. Habis mandi air panas, aku ke kolam air dingin yang sedingin es, cuman bertahan 1 menit di sana, katanya sih bagus buat peredaran darah. Kemudian aku masuk ke spa. Pertama kali dalam hidup aku masuk ke spa. Duduk-duduk santai, berkeringat, sambil memandang pemandangan gunung es. Setelah itu lumuran pakai skin care khas Islandia gitu dan disemprot uap air panas dan dingin gitu. Lalu di akhir, aku berendam lagi di kolam air panas sampai 3 jam lebih. Fresh banget rasanya habis itu. Setelah selesai, aku makan cinnamon rolls dan minum hot chocolate. Sorenya aku ke Gereja ikut misa minggu advent ke-3 sekaligus pamit dengan romo dan suster-susternya.

17.12.2023 - Sky Lagoon. Lagi salju nih.

17.12.2023 - Sky Lagoon. Tangga menuju tempat permandian air panas utamanya.

17.12.2023 - Christ the King Cathedral Reykjavík. Minggu Advent ke-3 bersama Romo Patrick dan Diakon Roger.

Senin, 18.12.2023 – Goodbye Iceland!

Subuh-subuh aku berangkat dari dormitoryku menuju stasiun bus. Sebelum menuju stasiun bus aku mengembalikan kunci dormitoryku dulu. Lumayan capek karena aku bawa 2 koper besar dan saat itu lagi salju, jadinya tarik koper itu berat banget. Lalu roda dari koperku udah agak rusak, makin pegel deh ini tangan. Puji Tuhan semuanya lancar dan aku sampai di bandara tepat waktu. Pesawatku delay 30 menit karena ada mogok kerja. Aku transit di Kopenhagen, sayangnya gabisa keluar jalan-jalan karena mepet waktu transitnya. Saat sampai di München, aku dijemput oleh keluarga dari sahabatku. Oiya, 12 jam kemudian gunung berapi di dekat bandara Keflavík meletus. Orang-orang bilang aku beruntung udah sampai Jerman, padahal kan aku geologist dan aku pengen banget lihat gunungnya meletus secara langsung :(

18.12.2023 - Goodbye Iceland! I've missed you already :(

Kehidupan Kuliah di University of Iceland

Kehidupan perkuliahan di Islandia sangat berbeda dengan di Jerman. Menuruku, tingkat kesulitannya lebih mudah daripada di Jerman, tetapi lebih memakan waktu karena ada lebih banyak kerja kelompok dan tugas yang dinilai hampir setiap minggu. Uniknya, kalau misalkan kita lupa atau tidak bisa mengerjakan tugas, kita ga perlu khawatir karena orang Islandia sangat santai dan sering mengatakan "Þetta reddast". Ungkapan ini merupakan moto Islandia yang berarti "Tidak peduli seberapa besar masalahnya, akan selalu ada solusinya. Pasti akan berhasil!". Oiya, di Islandia semua orang pakai nama depan, bahkan dengan para profesor dan mereka gamau dipanggil dengan gelar akademik mereka sama sekali.

(1) Introduction to the Geology of Iceland (10 ECTS)

Kuliahnya sangat intensiv dan hanya berlangsung selama satu setengah bulan. Mata kuliah paling seru karena ada 5 hari full day field trips dan GRATIS! Kami field trip di Reykjavík area, kepulauan Westman, gunung gletser Sólheimajökull, Lava Center Hvolsvöllur, PLTP Nesjavellir, dan Thingvellir National Park. Penilaiannya berupa 40% laporan field trip dan 60% take-home exam.

(2) Geothermal Energy (7,5 ECTS)

Berbeda dengan mata kuliah energi panas bumi di Jerman yang lebih bersifat teoritis, mata kuliah ini mencakup lebih banyak studi kasus panas bumi di Islandia dan seluruh dunia. Secara keseluruhan, penilaian meliputi 3 ujian tengah semester online, 2 tugas kelompok, field trip selama 2 hari, 1 esai, dan 1 ujian tertulis.

(3) Volcanology (7,5 ECTS)

Jujur aku kurang enjoy dengan mata kuliah ini sih. Dosen-dosennya ngantukin dan ga gitu peduli dengan mahasiswa. Di hari pertama dosennya ga masuk kelas tanpa kabar. Lalu tugas-tugas ga pernah diperiksa dan kami ga pernah dapat feedback dari mereka. Waktu field trip dosennya terlambat dan jadwalnya baru diumumkan secara mendadak. Totalnya ada 4 tugas, 1 field trip, 1 lab praktikum, 1 laporan, dan 1 take-home exam.

(4) Geothermal Wells (7,5 ECTS)

Sebagai penggemar energi panas bumi, aku sangat enjoy dengan mata kuliah ini. Mata kuliah ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Mesin. Terdapat 6 dosen pengajar yang sebagian besar berasal dari industri panas bumi dan memiliki banyak pengalaman praktis. Isi dari mata kuliah ini mencakup teknologi lubang bor, metode pengeboran, pengukuran lubang bor, aliran dua fase, pemodelan dan optimasi lubang bor, desain casing, dan korosi/kerak pada penggunaan energi panas bumi. Mata kuliahnya cukup memakan waktu karena tiap minggu selalu ada tugas, tapi sejujurnya aku enjoy banget! Di akhir mata kuliah ada 1 field trip ke district water heating centre dan 1 ujian akhir closed book.

(5) The Arctic Circle (4 ECTS)

Mata kuliah ini cukup santai. Kami ditugaskan untuk menghadiri konferensi selama 3 hari di Harpa Conference Centre. Ada begitu banyak sesi menarik tentang lingkungan, iklim, konservasi alam, geopolitik, dan budaya di Kutub Utara. Ada juga makan malam gratis untuk semua peserta hehee. Tugas di mata kuliah ini cuman menulis esai 500 kata dan bikin makalah 10 halaman. Aku memilih topik tentang "Deep Sea Mining".

Okei, sekian dulu ya sharing pengalamanku selama aku di Islandia. Kalau kalian ada pertanyaan atau feedback bisa isi di kolom komentar. See ya!

"Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu. Pada hari aku berseru, Engkau pun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku." ~ Mazmur 138:2-3