Kumpulan Soal Olimpiade Kebumian (OSK, OSP, OSN, Pelatnas, IESO)


Halo!
Bagi kalian yang ingin mengikuti KSN OSN Kebumian, pasti sedang sibuk mencari-cari soal untuk latihan kan? Yaps, kalian datang di blog yang tepat. Buat Ibu/Bapak guru yang sedang membimbing siswa-siswinya ataupun buat adik-adik yang akan mengikuti KSN OSN Kebumian, kali ini aku akan membagikan seluruh soal kompetisi olimpiade kebumian secara lengkap beserta dengan kunci dan pembahasannya. Kumpulan soal ini terdiri dari Pra-KSK Pra-OSN-K, KSN-K OSN-K (kabupaten), Pra-KSP Pra-OSN-P, KSP OSN-P (provinsi), Pra-KSN Pra-OSN, KSN OSN, Pelatnas 1 sampai 3, dan bahkan hingga tingkat internasional. Silakan kalian download sepuasnya. Oke, langsung saja ya ~

Oiya, pada tahun 2020 dan 2021, Olimpiade Sains Nasional (OSN) berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN), tapi pada tahun 2022 ajang kompetisi ini kembali menggunakan nama lama: Olimpiade Sains Naisonal.

Tingkat Kabupaten – OSK Kebumian

Ini buat adik-adik yang masih tingkat kabupaten ya. Untuk tingkat OSK, soal-soalnya masih sederhana dan banyak sekali hafalannya. Soal berupa 100 nomor pilihan ganda (40% Geologi, 30% Meteorologi, 20% Astronomi, dan 10% Oseanografi - sejak tahun 2018 komposisi soal menjadi seimbang, yaitu 25% tiap bidang).

Tingkat Provinsi – OSP Kebumian

Setelah mengikuti OSK, kalian akan melanjutkan ke tingkat provinsi. Tipe soal OSP berbeda dengan OSK. Di tingkat OSP soal-soalnya lebih rumit, membutuhkan logika, dan soal hafalan sudah banyak berkurang. Mulai tahun 2015, model soal OSP berubah drastis karena menggabungkan semua lingkup materi Kebumian dan menyertakan beberapa bacaan / soal cerita, sehingga semua soal saling berhubungan. Jadi, kalian dituntut untuk bernalar dengan baik. Soal (mulai tahun 2015) berupa 50 soal pilihan ganda dan 5 soal esai, dengan beberapa soal berbahasa Inggris.

Tingkat Nasional – OSN Kebumian

Selamat kalian sudah lolos hingga tingkat nasional! Kalian akan mewakili provinsi kalian masing-masing. Kalian akan bersaing dengan 34 provinsi untuk mendapatkan medali yang terdiri dari 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu. Bagi 30 orang yang mendapat medali di tingkat OSN inilah yang akan diseleksi melalui pelatnas untuk bisa mewakili Indonesia di ajang internasional. Untuk tingkat OSN, soalnya pasti jauh lebih susah dari tingkat OSP. Soal hafalan jauh berkurang dan lebih banyak soal yang membutuhkan logika. Di tingkat nasional juga dilakukan tes praktik. Soal teori terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan beberapa soal esai (tergantung pembuat soal). Kalian juga perlu berhati-hati dalam menjawab soal karena banyak sekali jawaban dan pernyataan yang menjebak. Untuk pilihan ganda, jika sama sekali tidak tahu jawabannya, jangan asal jawab karena ada sistem minus poin. Untuk soal esai, usahakan kalian isi semua walaupun tidak tahu, minimal tulis “diketahui” dan “ditanya”nya. Untuk tes praktik, usahakan kalian tenang dan jangan cemas ketika tidak berhasil menyelesaikan suatu soal karena semua peserta pasti tidak dapat menyelesaikan semua soal tepat waktu. Oya, jangan lupa kalkulator (waktu itu kalkulator saya tertinggal waktu tes praktik meteorologi) karena bisa berakibat fatal dan jangan lupa juga bawa air minum sendiri (waktu OSN 2016 di Palembang banyak anak yang mengalami dehidrasi karena panitia lupa membawa air minum). Hal yang tidak kalah pentingnya, jangan terhasut oleh psywar yang dilakukan oleh anak-anak lain yah. Percayalah bahwa apa yang kalian sudah kerjakan adalah hasil dari usaha terbaik kalian.
Pelatihan Nasional – Pelatnas Kebumian
Selamat untuk medalinya! Sekarang kalian sudah menjadi Tim Olimpiade Ilmu Kebumian Indonesia (TOIKI). Perkenalkan, saya dari TOIKI ’17 POLARIS. Mengikuti pelatnas adalah hal yang paling menyenangkan karena bisa berkumpul dan berbagi ilmu dengan seluruh peserta dari penjuru Indonesia. Sekarang kalian akan berjuang untuk Indonesia, tak peduli apa suku, ras, asal, dan agama kalian. Pelatnas Kebumian dibagi menjadi 4 tahap. Pelatnas 1 diikuti oleh 30 peserta yang berhasil mendapat medali di OSN, pelatnas 2 diikuti oleh 13-17 peserta, pelatnas 3 diikuti oleh 8-10 peserta, dan pelatnas 4 diikuti oleh 4 peserta. Empat peserta inilah yang akan mewakili Indonesia dalam ajang International Earth Science Olympiad (IESO). Untuk kalian yang sedang mengikuti pelatnas, tujuan utama kalian mengikuti pelatnas adalah untuk mendapat ilmu dari teman-teman dan dosen-dosen, bukan untuk bersaing dan saling menjatuhkan. Kalian harus bersyukur bisa mengikuti pelatnas karena mendapatkan kesempatan diajar oleh dosen-dosen top dari UGM (geologi), ITB (meteorologi dan astronomi), dan Undip (oseanografi). Jadi, perhatikan benar-benar apa yang diajarkan oleh dosen dan jangan tidur di kelas ya. Oya, semua materi yang dijelaskan oleh dosen mayoritas akan keluar di soal tes.

Tingkat Internasional – International Earth Science Olympiad (IESO)

Indonesia! Berjuanglah dan bawalah pulang medali untuk Indonesia! Oke, sekarang silakan kalian download soal-soal IESO mulai dari tahun 2007 hingga 2017. Perbanyaklah latihan kalian dan pelajari tipe-tipe soal tahun sebelumnya. Fyi, tipe soal IESO tiap tahun berubah drastis dan susah untuk diprediksi. Untuk soal tertulis, bacalah soal dengan baik-baik dan teliti. Untuk tes praktik, pelajarilah peta geologi, kondisi cuaca, pantai, dan fenomena di daerah lokasi lomba. File di bawah ini mencakup soal tertulis, praktik, newsletter, dan kunci/pembahasan (tidak semua).

Lain-Lain

India Earth Science Olympiad (IESO)

Soal dari India ini tingkat kesulitannya setara dengan OSK di Indonesia. Jadi, buat kalian yang masih berada di tingkat OSK, OSP, atau OSN, silakan berlatih juga dengan soal-soal ini. Tipe soal dari India masih banyak hafalan dan terdiri dari 100 soal pilihan ganda.
Sumber: http://www.geosocindia.org/index.php/ieso

New York Earth Science

Soal olimpiade ini dibuat oleh The University of the State of New York. Tingkat kesulitan dari soal ini setara dengan tingkat OSP/OSN di Indonesia. Silakan kalian download.

Australian Science Olympiad (ASO) on Earth and Environment Science

Soal olimpiade Kebumian Australia memiliki tingkat kesulitan setingkat lebih tinggi dari OSN di Indonesia. Mayoritas soal dari ASO berupa soal yang membutuhkan nalar dan logika. Untuk kalian yang sudah lolos ke tingkat OSN dan bahkan Pelatnas, silakan kalian berlatih dengan soal-soal ini. N.b. Tipe soal ASO sangat mirip dengan IESO.
Bangladesh National Earth Olympiad (NEO)

Sudah semuanya ya! Apabila ada link yang rusak, tidak lengkap, ataupun salah kunci, silakan isi di kolom komentar. Bagi yang ingin bertanya juga boleh langsung isi di kolom komentar. Semoga ini bisa membantu kalian semua. Semangat!

N.b. Bagi yang mau download materi-materi Kebumian bisa diklik di link di bawah ini:
Materi Geologi
Materi Meteorologi
Materi Oseanografi
Materi Astronomi



Perjuangan meraih asa. 

Karena TUHANlah yang memberi hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian (Amsal 2:6)

* terakhir diperbarui: 9 Maret 2023
** baru diperbarui: New York Earth Science Olympiad, Try Out Geoscience Q&A, Australian Science Olympiad
*** Tahun 2020-2021: Olimpiade Sains Nasional (OSN) berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN)
**** Sejak tahun 2022: Kompetisi Sains Nasional (KSN) kembali menggunakan nama lama Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Komentar

  1. kak yg ASO gabisa didownload knp ya:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Lintang, barusan aku coba bisa kok. Dicoba lagi deh, kalo masih gabisa aku upload ulang.

      Hapus
    2. Bisa kok, itu formatnya rar, jadi klik downloadnya di kanan atas ya..

      Hapus
  2. Karena banyak yang bingung gimana cara downloadnya, semua link sudah aku update jadi directlink. Semoga membantu, thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaka tau ngk yg utk ekonomi? :" Udh lma aku cari tpi ngk ada blog yg nyediain kyk gini kak :"

      Hapus
  3. Kak boleh minta tips & trik buat osk gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling penting kamu harus tau cara/tipe belajarmu gimana dan suka dengan mapelnya. Sering2 baca buku dan artikel, latihan soal, browsing, dan tanya2 sama gurumu.

      Hapus
  4. wow awesome soalnya buayakkk...bbangeet....

    BalasHapus
  5. terima kasih kak fransiskus
    sukses selalu...

    BalasHapus
  6. kak boleh nanya, osp itu dominan essai ama pilgan itu gimana kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan gitu, tapi dominan osp materinya untuk essai??

      Hapus
    2. kamu pergi pelatihan IC se indonesia

      Hapus
    3. Sejak 2015, soal berupa 50 PG dan 5 esai. Untuk esai biasanya berupa 2 soal geologi dan sisanya meteo, oseano, dan astro. Materinya tergantung pembuat soal dan tiap tahun selalu berubah, ngga ada kisi-kisinya gitu deh.

      Hapus
  7. sangat membantu, foldrnya selalu ditambah ya kak

    BalasHapus
  8. kak, mau tanya, saranbuku untuk pegangan OSN apa aja ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyongsong OSN Geosains (SSCI), Pengantar Ilmu Kebumian (TOIKI), lalu buku2 terbitannya Graha Ilmu. Terbitannya Graha Ilmu banyak dijual di Gramedia.

      Hapus
  9. Halo kak, apakah kunci jawaban osn 2017 sudah ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas. Sebenernya kunci udah ada, tapi sejak tahun 2017 ada kebijakan baru dari tim kebumian. Kunci baru boleh dishare secara resmi setelah 3 tahun OSN.

      Hapus
  10. mantap banget web ini, semoga konsisten ya

    BalasHapus
  11. wiiih kuliah di jerman ya pak ? sukses yak

    BalasHapus
  12. Sangat membantu, terima kasih banyak:)

    BalasHapus
  13. Kak gimana pendapat kakak tentang orang yang anggap kebumian itu sebagai pelajaran yang terlalu gampang dan gak dianggap pelajaran IPA kak?:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyanih.. Sering banget aku dapet respons semacem itu dari orang2. Terlalu gampang? Kalau terlalu gampang ya suruh mereka buktikan sendiri aja. Suatu ilmu dan pengetahuan menurutku bukan tentang gampang atau susah, tapi seberapa besar peranan ilmu itu dalam kehidupan manusia. Kebumian tuh berpengaruh besar terhadap manusia. Dengan ilmu kebumian, manusia bisa cari sumber energi (minyak, gas, geothermal), prediksi ketahanan tanah, pemetaan dan penanggulangan bencana alam, prediksi cuaca yang sangat penting di lintang tinggi (kalo di Indonesia mah cuman ada kemarau atau hujan, tapi bayangin aja di negara lintang tinggi yang ada salju atau siklon yang berbahaya), penentuan iklim untuk keperluan pertanian, prediksi gelombang laut dan pasut untuk pelayaran dan pembangunan bangunan pantai, bahkan di kebumian juga belajar astronomi. Gampang? Ngga juga, kalau mau menguasai kebumian harus bisa logika, hafalan, hitungan, sekaligus ketahanan fisik saat ke lapangan. Orang sering ngga anggap kebumian sebagai "IPA" karna mereka pikir kebumian itu sama kayak geografi, padahal beda. Geografi juga sebenarnya masuk IPA kok. Jurusan geografi bahkan masuk kelas saintek. Kebumian sudah jelas "IPA" karena kebumian ngga membahas aspek sosial sama sekali. Lagipula apa salahnya kalau dianggap IPS? Ilmu sosial kan juga penting banget buat kehidupan manusia. IPA dan IPS sama pentingnya dan ga ada yang lebih penting, mereka sejajar. Semoga membantu ya jawabanku yang panjang ini. Hehhehee :)

      Hapus
  14. terimah kasih kak blognya sangat membantu untuk persiapan

    BalasHapus
  15. Terima kasih kak, semoga bisabisa memb belajar saya:)

    BalasHapus
  16. Kak mau nanya...Pembahasan Soal OSP Kebumian 2018 belum keluar juga?

    BalasHapus
  17. Fraaaaaaaannnnsss wkwkwk lengkap parah sih :') thaaaankkkk youuuu!

    BalasHapus
  18. Menurut kakak, bisa ngga sih anak IPS masuk kebumian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget kok... Kebumian kalo di perguruan tinggi emang masuk kategori saintek, tapi di SMA justru anak IPS bisa dibilang selangkah lebih maju karna dah belajar sedikit materi geologi dan meteorologi di pelajaran geografi. Kalo untuk olimpiade, ya Kebumian ini bidang yang bisa diikuti oleh anak IPA maupun IPS. Bahkan salah satu anak yang dapet emas sekaligus penghargaan "Best Astronomi" di OSN tahun 2017 anak IPS kok. So, semangat... Yang penting usaha dan doa :)

      Hapus
  19. Kak mau tanyak silabus osk 2019 apa saja ya kx dn buku pegangannya untuk osk apa saja ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyongsong OSN Geosains (SSCI), Pengantar Ilmu Kebumian (TOIKI), Ilmu Bumi karya Tarbuck (udah ada terjemahan indonya dan ada di gramed), lalu buku2 terbitannya Graha Ilmu, terbitannya Graha Ilmu banyak dijual di Gramedia. Meteorologi baca bukunya Ahrens. Astronomi baca diktat astro Hans Gunawan. Buat oseano baca buku Pengantar Oseanografi karya Agus Supangat.

      Hapus
  20. knp ya ga bs didownload 4 hari yang lalu bisa tapi 2 ini ga bs didownload

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal yang mana ya yang ga bisa didownload? Saya sudah coba beberapa link dan bisa semua.

      Hapus
    2. Kak kok soal soal gak bisa di download yah?

      Hapus
  21. Blognya Keren banget. Lengkap sekali. Terimakasih atas kebaikannya. Semoga tambah sukses ya. Salam kenal

    BalasHapus
  22. Kak, yang pra osk gak bisa dibuka, kenapa ya? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mana ya? Aku barusan coba bisa kok. Ada aplikasinya kan? Kalo di HP harus ada aplikasi winRAR, adobe acrobat, dan word. Atau mungkin browsermu bermasalah, kalo dari chrome harus didownload dulu, gabisa langsung buka, soalnya nanti linknya dialihin ke link google drive dan gaakan kebuka karna formatnya rar. Kalau aku sih pake firefox dan langsung kedownload. Semoga membantu :)

      Hapus
  23. Kak kalo di OSP itu biasanya seleksinya nyari berapa orang ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas peringkat 1 provinsi pasti lolos ke OSN. Lalu nanti sisanya passing grade dengan maksimal 1 provinsi mengirim 6-8 orang. Persaingannya tergantung provinsimu juga.

      Hapus
  24. Soal OSN yang tahun 2018 ada ga kak ?

    BalasHapus
  25. Makasih bnyak kak,, tolong juga kunci jawaban osp 2018 di tunggu yah kak!

    BalasHapus
  26. Kak , saya ingin bertanya untuk OSP kira2 yang benar-benar harus dimatangkan materi apa ya kak ? Soalnya persiapan sudah mepet banget karena sisa 3 minggu kurang 😭 Lalu bagaimana tips menghadapi soal essay dan bagaimana cara menjawabnya agar bisa diterima juri ? Terimakasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua materi sebenarnya perlu dimatangkan sih :D
      Untuk esai tulis serapih mungkin dan jangan lupa tulis "diketahui:", "ditanya:", dan "jawab:". Sebisa mungkin jawaban akhirnya digaris pakai pulpen warna lain. Seandainya gatau sama sekali, minimal coret2 dan tulis rumus lah. Semangat ya!

      Hapus
  27. Lengkap sekali, materinya juga banyak bingung mau download, sukses terus kak, semangat.πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
  28. kak tips menghadapi teks praktek di osn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas harus tenang dan gaboleh panik. Jangan lupa bawa kalkulator, papan jalan, alat tulis, dan minum (kadang panitia ga kasi minum soalnya). Materi yang pernah keluar di soal praktik ini:
      1. Oseanografi: secchi disk, temperatur laut, salinometer, analisis sedimen pantai, bangunan pantai, anemometer tangan (buat ngitung gelombang), palm pasut, currentmeter, grab sediment, ...
      2. Meteorologi: AWS, psikrometer putar, kunjungan ke BMKG, pembacaan alat-alat meteorologi (higrometer, termometer, barometer, dll.), perawanan, ...
      3. Astronomi: teleskop (pointing, ngitung komponen2nya, pengamatan matahari, dll.), bola langit (nunjuk KLU, KLS, meridian, horizon, timur, barat, dll.), planisphere, simulasi stellarium, ...
      4. Geologi: geologi lapangan (tergantung lokasi lomba - untuk persiapan cari peta geologi lokasi lomba), biasanya ada ngukur strike/dip pake kompas geologi, deskripsi batuan/mineral, GPS, deskripsi hasil core, ...
      Lalu ada tes meja geologi: deskripsi batuan/mineral, strike/dip, geologi struktur (lipatan, patahan), fosil, ...
      Tenang aja, sebelum tes praktik biasanya ada pengarahan dan simulasi alat-alatnya kok, jadi perhatiin baik2 dan tanya2 pas briefing.

      Hapus
  29. Saran kak..kalau bisa kedepan nya diadain soal lapangan dan peraga nya jugaπŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Terima kasih atas sarannya. Sudah aku upload ya beberapa soal tes lapangan dan peraga OSN :)

      Hapus
  30. Kak, boleh minta pembahasan soal OSN kebumian tahun 2019? Mksh..

    BalasHapus
  31. kk rekomendasi buku2 untuk kebumian kk,perbidang kk geologi, astro, meteo, oceano ?? mksih kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab ya, dek... kalo kebumian, bisa dari bukunya Pak Bayong ITB, buku geologi dari penerbit ombak, banyak buku2 bagus coba browsing di shoppee atau tanya kating yg ambil jurusan kuliah itu ya dek..
      semangaaaatt

      Hapus
  32. TERIMA KASIH MAS, SANGAT MEMBANTU SAYA UNTUK DISKUSI DENGAN PESERTA DIDIK SAYA DI SMA NEGERI MOJOAGUNG, JOMBANG, JAWA TIMUR

    BalasHapus
  33. Halo kak, apakah ada update Soal2 Pelatnas? Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Pelatnas 1 dan 2 sudah yang terbaru. Aku belum dapat update dari Pelatnas 3.

      Hapus
  34. Kakak baik banget huhu :'')
    Makasiiih kak, bermanfaat banget!

    BalasHapus
  35. Halo Franss :))

    Btw, kenalin lagi aku agung dari TOIKI 2018 dan kita juga partner di admin Q&A hehe. terimakasih banget udah ngeshare materi sama soal sebanyak ini, berdedikasi banget nih seriusan

    nahh, aku mau sekalian bantu ngeshare soal gitu bisa via apa ya? jadi mau bantu ngirimin soal OGG yang tahun 2019

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo!!
      Iyanih, zamanku dulu susah banget cari soal dan materi, makanya aku terinspirasi untuk share semuanya.
      Wah boleh banget nih. Kirim ke E-Mailku aja: fransiskus.santoso@gmail.com
      Thanks ya :)

      Hapus
  36. Thanks a lot ya kak, sangat membantu banget

    BalasHapus
  37. Terimakasih infonya sangat bermanfaat
    jangan lupa kunjungi web kami
    www.ppns.ac.id

    BalasHapus
  38. Ini keren banget. Serius. Makasih banyak!

    BalasHapus
  39. Makasih banyak min, Alhamdulillah lanjut ke KSN-P:)

    BalasHapus
  40. Kak Frans, boleh share kunci jawaban OSN(Sekarang KSN) Provinsi 2018-2019?

    BalasHapus
  41. kak Frans, kunci jawaban osp 2018 & 2019 belum ada ya kak?

    BalasHapus
  42. kak, soal osn 2019 belum ada yaa:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada nih, sejak ada kasus mencontek dan soal bocor, maka peredaran soal dibatasin oleh pihak pusat. Minimal disimpan selama 2 tahun baru boleh dipublikasikan (berlaku juga untuk kunci jawabannya). Generasi muda harus latihan kejujuran nih sepertinya ~

      Hapus
  43. wahhh luar biasa banget blognya kak... semoga tetap berjalan terus kak..
    oh ya kak, bisa di share gak kak,,, kiat kiat untuk mendalami dan memahami kebumian ini kak, bagaimana kita belajar tentang kebumian ini untuk pemula seperti saya kak?
    makasih kak sebelumnya

    BalasHapus
  44. Kak mau tanya kunci OSN 2017 dan 2018 bagaimana?? Trs soal osn yg 2019 blm ada?.makasih

    BalasHapus
  45. OSN 2019 Dan 2020 nda bisa di download bang

    BalasHapus
  46. ISP 2020 nya juga bang
    Makasih yah bang semua materi2 dan kumoulan soal kebumian nya bang...ini saya pelajari buat tes PNS bang...dan mohon saran2nya juga bangπŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  47. Kak kalau mengundurkan diri dari pelatnas apa ada konsekuensinya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya mengabari pihak panitia dan dosennya biar lebih sopan. Soalnya kadang ada anak yang tiba2 menghilang tanpa kabar, takutnya nanti akan ada blacklist.

      Hapus
  48. Terima kasih banyak kak, soal-soalnya sangat lengkap, sangat membantu saya dalam belajar kebumian, sukses terus kak :D

    BalasHapus
  49. kak, itu yang tahun 2019 dan 2020 kok pada ngga bisa di download ya? sebelumnya terima kasih banyak kak

    BalasHapus
  50. Kak Frans mau nanya, utk Soal KSN 2020 Oceanografi, jawaban soal 54 apakah sudah benar a. indek jumlah 1 miligram zat padat yang terlarut dalam 1.000 mililiter air laut?
    Atau Apakah lebih tepatnya 1 gram dalam 1000 mililiter air laut?
    Mohon pencerahannya kak karena saya ragu, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu soal ambigu banget. Maksud dari dosen pembuat soal tuh, dia nanya definisi dari densitas dalam ppm.
      1 ppm = 1 kg/m^3 = (10^3 g / 10^6 mL) = 1 g / 1000 mL
      Jadi, jawabannya benar A.

      Hapus
  51. Permisi Kak, beberapa soal dan kunci jawaban tidak bisa didownload. Kenapa ya kak?

    BalasHapus
  52. kak makasih banyak file2 nya sangat membantu buat belajar adikku!!

    BalasHapus
  53. kak..update lagi dong soal-soal OSN terbaru...

    BalasHapus
  54. Andaikan jarak bumi dari matahari menjadi 3 kali lipat jarak sekarang, maka kala edar bumi mengelilingi matahari menjadi …?

    Pakai rumus Kepler 3 kah pecahkan soal ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pakai Hk. 3 Kepler: (r^3)/(T^2)=(G*M)/(4*(pi^2))=const.

      Hapus
  55. terimakasih banyak kak, sangat membantu sekali buat ngebimbing siswa2 utk OSNK....boleh kasih tips n triknya kak buat siswa2 saya yang newbie di bidang kebumian ini?

    BalasHapus
  56. Kak kok yang 2021 ngk bisa di buka ya kak?

    BalasHapus
  57. kak mau tanya untuk soal ksnp bidang kebumian tahun 2020 kpn di update ya? mohon bantunya ya... trimaksih

    BalasHapus
  58. Terima kasih banyak, kak
    Sangat terbantu, semoga Kak Frans diberikan kesehatan kelancaran kemudahan dalam segala hal
    Aamiin..

    Kak, ada usulan.. Mungkin Kak Frans bisa menambahkan soal2 OGMA UNDIP (Olimpiade Geologi) dalam blog kakak ini

    Terima kasih banyaak~
    Sehat selalu

    BalasHapus
  59. kak aku gak bisa buka soal ksnp kebumian untuk tahun 2020 dan 2021,gimana ya kak?

    BalasHapus
  60. Kak mau nanya, apakah ada syarat lolos KSN-P soal essay minimal harus benar berapa gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gaada syaratnya. Tiap tahun passing gradenya berbeda2 tergantung tingkat keketatan nilai antarpeserta. Kemudian passing grade juga bergantung sama provinsi dan jumlah peserta. Do your best aja, semangat~

      Hapus
    2. Kalau passing grade yg biasanya itu berapa ya ka

      Hapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Terima kasih ya kak, materi-materinya sangat membantu. Semoga rejekinya dimudahkan. Sehat selalu ya kak

    BalasHapus
  63. Ini akan sangat membantu buat yang mau kuliah apalagi lewat jalur UTBK

    BalasHapus
  64. terimakasih, sangat bermanfaat sekali semua isi WEB nya

    BalasHapus

Posting Komentar