Kumpulan Soal Aufnahmeprüfung Studienkolleg (Tes Masuk Studienkolleg)


Hallo alle zusammen!

Hayo, siapa yang lagi sibuk cari soal-soal Aufnahmeprüfung? Bagi yang belum tau, Aufnahmeprüfung (ANP) adalah tes masuk Studienkolleg di Jerman untuk penyetaraan SMA. Nah kebetulan nih aku punya kumpulan tes masuk Studienkolleg yang cukup lengkap. Setelah kupikir-pikir, banyak dan capek juga untuk cari soal-soal ANP dari berbagai web Studienkolleg, itupun kadang kurang lengkap. Karna itulah aku mau berbagi ke kalian supaya bisa berlatih dengan berbagai macam soal-soal ANP dari berbagai Studienkolleg di Jerman. Soal-soal ini ada yang aku download dari web masing-masing studkol, dapat dari teman seangkatan, dan kakak kelas.

Selain itu, aku juga mau tambahin beberapa informasi penting mengenai syarat Bahasa Jerman minimum (mindestsprachniveau), jenis kelas yang tersedia, hompage, biaya per semester, dan batas waktu pendaftaran (Bewerbungsfrist). Karena informasi ini bersifat tematis dan bisa berubah sewaktu-waktu, ada baiknya bila kalian mengecek kembali di web masing-masing Studienkolleg. Oya, isi di kolom komentar juga ya, supaya informasi segera diupdate.

Aufnahmeprüfung menjadi momok yang cukup menakutkan untuk calon siswa(-i) Studienkolleg. Banyak yang sudah mencoba berkali-kali dan tetap gagal, bahkan sampai gap year. Tenang aja, kegagalan dalam ANP itu normal kok, aku juga pernah ditolak 2x dan masuk daftar tunggu 1x. Puji Tuhan aku tidak sampai gap year karena akhirnya lulus ANP di 2 Studienkolleg. Untuk pengalaman lebih detailnya aku ceritain di post berikutnya ya.

Oke, ini dia kumpulan soal Aufnahmeprüfung Studienkolleg, silakan download sepuasnya...

1. Bundesland Baden-Württemberg

2. Bundesland Bayern

3. Bundesland Berlin

4. Bundesland Hamburg

5. Bundesland Hessen

  • Studienkolleg an der Goethe-Universität Frankfurt am Main

6. Bundesland Mecklenburg-Vorpommern

  • Studienkolleg an der Hochschule Wismar

7. Bundesland Niedersachsen

8. Bundesland Nordrhein-Westfalen

9. Bundesland Rheinland-Pfalz

  • Studienkolleg der Johannes-Gutenberg-Universität Mainz

10. Bundesland Saarland

  • Studienkolleg der Universität des Saarlandes
    • Mindestsprachniveau: B1
    • Kurse: T
    • Hompage: www.uni-saarland.de
    • Bewerbungsfrist: ?
    • Semesterbeitrag: ?
    • Aufnahmeprüfung:
      • -

11. Bundesland Sachsen

12. Bundesland Sachsen-Anhalt

13. Bundesland Schleswig-Holstein

14. Bundesland Thüringen

15. Bundesland Bremen

Kein Studienkolleg.

16. Bundesland Brandenburg

Kein Studienkolleg.

17. Außerhalb Deutschland

  • Studienkolleg Indonesia
    • Bekerjasama dengan Studienkolleg Hannover
    • Mindestsprachniveau: B1
    • Kurse: M, T, W
    • Hompage: www.studienkolleg-indonesia.de
    • Bewerbungsfrist: 03.08 (WS); 15.02 (SS)
    • Semesterbeitrag: 1.000 EUR + 25.000.000 IDR (2018)
    • Aufnahmeprüfung:
      • Lihat soal Anp dari Uni-Hannover ...
Sekian ya rincian detail dan kumpulan soal Aufnahmeprüfung dari berbagai Studienkolleg seluruh Jerman. Semoga bisa membantu kalian. Sukses ya untuk studinya di Jerman! Jangan pernah menyerah pada setiap mimpimu. Tuhan memberkati :)


Perjuangan meraih asa.

Komentar

  1. Terimakasih banyak kontennya! benar-benar sangat membantu kami!<3

    BalasHapus
  2. Kakakkkkk makasih banyak
    ......GBU

    BalasHapus
  3. terimakasihh banyak kak infonya!sangat membantu.. suskses terus kak

    BalasHapus
  4. boleh minta emailnya? hehe saya ingin bertanya beberapa hal jika boleh, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. E-Mailnya ada di halaman "about" ya. Bisa dicek di sana.

      Hapus
  5. Vielen Dank kakk untuk kumpulan ANP-nya, sukses terus kak!! btw aku mau nanya, menurut kakak perlu bgt gaa ikut Vorbereitungskurs ga untuk persiapan ANP? kira-kira klo ga ikut Vorbereitungskurs bisa lulus kah? aku skrg baru naik kelas 12 dan ada rencana mau studkol di Indo. hehehe once again, danke kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku tidak terlalu penting sih (kecuali kamu studkol di Jerman, karena tipe soalnya macem2). Studkol Indo pakai ANPnya Studkol Hannover, kamu cuman perlu latihan soal2 C-Test dan Math (ga sesusah UAS kok wkwkk). Banyak kok yang gaikut Vorbereitungskurs dan lulus ANP, aku dulu juga gaikut, soalnya berbayar. Ya kalo gratis dan harganya masik akal gas aja :D
      Viel Erfolg!

      Hapus
  6. seneng banget ada blog kakak ini karna ini emang bener² membantu, danke!!!

    BalasHapus
  7. Hallo kak, kalo dari jurusan IPA ambil W-kurs bisa tidak??

    BalasHapus
  8. halo kak, saya mau bertanya. Apa saja syarat-syarat yang harus di siapkan untuk StudienKolleg M-Course ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, syaratnya kamu harus punya ijazah IPA. Untuk syarat2 lainnya bisa dicek di postku yang judulnya "Persiapan dan Biaya Pra-Studi di Jerman (Kursus Bahasa – Studienkolleg – Visa)". Di situ dijelasin lengkap dokumen2 yang perlu kamu siapkan.

      Hapus
  9. Hallo Kakak, saya mau bertanya: dengan ijasah Paket C IPA + B1 Zertifikat dari Goethe apakah bisa StudKoll M-Kurs? Jika bisa diterima, ANP untuk M-Kurs ada berapa mata pelajaran yg ditest? Lalu kalau lulus FSP, apakah bisa diterima di Uni dengan ijasah Paket C,nilai FSP, B1 zertifikat? Apakah kakak punya informasi mengenai Uni yang tdk pakai uni-assist? Terimakasih sebelumnya atas jawaban dari Kakak.
    GBU.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, bisa kok. Cuman disarankan punya B2 juga, karena banyak Studkol yang menaikkan standardnya menjadi B2. Jika jurusanmu memiliki NC (semacam passing grade), maka nilai ijazah Indo dan FSP akan dirata2, nah ini yang bakal dipake untuk daftar Uni. Contohnya untuk Kedokteran NCnya 1,0 atau Bioteknologi sekitar 1,7-2,3 tergantung Uninya. Untuk jurusan non-NC, kamu bisa langsung diterima di Uni dengan nilai berapapun (ya asalkan lulus KKM 4,0 yaa wkwkk). Jika kamu lulus FSP, maka otomatis kamu punya sertifikat C1, jadi gausah pusingin itu. Untuk list Uni yang gapake uni-assist aku gapunya, kamu bisa cek sendiri di website masing2 Uninya kok. Oiya, Jena gapake uni-assist, kampusku yang sekarang hehee... GBU too, viel Erfolg!

      Hapus
  10. Haloo kaa, blognya kereen! utk latihan soal anp ini gaada lösungnya kah? kira2 stk mana yg kasih contoh soal beserta lösungnya juga? danke im voraus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii, iya mayoritas Studkol emang ngga ngasih Lösungnya. Coba download aja semua deh, nanti yang kamu bingung bisa kamu tanyain ke gurumu wkwkk

      Hapus
  11. Terima kasih banyak atas informasinya, mein Schüler desember ini mau ikut tes. kuy, lah yang mau belajar Mathematik. sukses selalu buat ka Fransiskus Litani Santoso. Sudah tiga mein Schüler yang kuliah di Deutsche, semuanya dah pada lulus dan kerja di sana, gak mau balik

    BalasHapus

Posting Komentar